About me

Foto Saya
gudangduniamusik
Lihat profil lengkapku
Feeds RSS
Feeds RSS

Sabtu, 14 Januari 2012

antara lagu anak dan lagu daerah


Menikmati lagu memang dapat menjadikan kita lebih bahagia. Lewat lirik-lirik serta kombinasi musik yang apik lagu-kagu yang dihadirkan terdengar indah. Sebenarnya antara lagu daerah dan lagu anak memiliki persamaan. Mengusung musik Indonesia yang kaya akan ragam ini baik lagu daerah maupun lagu anak memiliki nilai penting yang sangat bermanfaat. Beragamnya daerah menjadikan musik Indonesia yang dihadirkan sekarang menjadi kaya warna.
Melihat persamaan maupun perbedaan yang diusung oleh lagu anak maupun lagu daerah membuat kita mengerti keberagaman yang dihadirkan oleh negeri yang sangat kaya budaya dengan nama Indonesia ini. Berikut persamaan maupun perbedaan yang bisa kita lihat dari lagu anak dan juga lagu daerah.
Lagu yang dihasilkan dari kreasi daerah maupun lagu anak sama-sama memiliki nilai pendidikan dan juga nilai sosial yang tinggi. Lagu-lagu ini sama mengajarkan hal baik kepada anak-anak dan juga orang dewasa.
Lagu anak tidak bisa dipungkiri kepopulerannya dalam suatu masa memang terkadang mangalahkan kepopuleran lagu yang diusung oleh daerah. Namu kepopuleran ini berjangka, ketika lagu ini sudah tidak populer lagi maka keberadaannya seakan luntur. Berbeda dengan lagu daerah meskipun tidak terlalu populer namun keberadaannya dari zaman dahulu hingga sekarang seolah abadi. Hal ini didukung dimasukkannya lagu-lagu derah ini sebagai pelajaran di sekolah-sekolah, sehingga anak-anak senantiasa mengingatnya dan tidak terlupakan.
Lagu anak-anak cenderung sederhana dalam liriknya dan dibawakan dengan gaya khas anak-anak. Hal ini disebabkan terbatasnya pemahaman yang bisa diberikan oleh anak mengenai suatu hal. Dengan lirik yang sederhana ini makna dari lagu yang dihadirkan dapat ditangkap. Sedangkan lagu daerah liriknya cenderung menggunakan kiasan. Biasanya berupa pantun yang berkaitan.
Musik untuk mengirinya lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak biasanya sederhana. Berbeda dengan lagu yang diusung oleh daerah yang kaya akan alat musik. Dengan beragamnya alat musik yang digunakan dalam lagu daerah menjadikan lagu ini lebih kaya nada dibandingkan dengan lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak.
Posted in Lagu Anak Anak, Lagu Daerah

0 komentar:

Posting Komentar