About me

Foto Saya
gudangduniamusik
Lihat profil lengkapku
Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 02 Februari 2012

Band Floyd Terpilih Menjadi Sampul Album Paling Unggul Sepanjang Masa



Floyd
Floyd
Kelompok musik cadas asal Inggris, Pink Floyd, belum dilupakan. Dilabeli sebagai pengusung rock progresif dan termaktub dalam daftar Hall of Fame untuk musik Rock and Roll pada tahun 1996, mereka kini mendapatkan kehormatan baru, dalam kreativitas ilustrasi sampul.

Laman musik MusicRadar.com baru saja menempatkannya dalam posisi pertama sebagai grup dengan sampul album paling unggul sepanjang masa. Penghargaan ditujukan kepada karyanya yang bertajuk "The Dark Side of the Moon", yang dilempar ke pasar pada tahun 1973.

Gambar menyuguhkan selarik cahaya yang menembus sebuah prisma pada satu sisi, dan kemudian membias pada ujung lain.

Ilustrasi pada sampul album Nirvana, "Nevermind" (1991), yang mengguncang dunia musik pada dekade awal 1990an, menempati posisi kedua. Pada sampul itu, terpacak foto seorang bayi telanjang melayang-layang sedikit di bawah permukaan air. Di hadapannya, uang kertas US$1 tersangkut pada kail, seolah-olah menyugestikan umpan.

Daftar yang disusun oleh MusicRadar.com itu menunjukkan bahwa para penggemar musik terbius pada sampul dengan cita rasa seni visual tinggi, yang rata-rata dipublikasikan sekitar tahun 1960 hingga 1970, demikian The Sun melaporkan.

Sampul "The Dark Side of the Moon" merupakan salah satu karya Hipgnosis, sebuah tim desain asal Inggris, yang kerap menerima pesanan dari band-band legendaris seperti Genesis, The Alan Parsons Project, Scorpions, Led Zeppelin dan, tentunya, Pink Floyd. "The Dark Side of the Moon" adalah salah satu album dengan penjualan terbesar dalam sejarah musik.

Posisi ketiga dihuni oleh album The Beatles bertajuk "Sgt Pepper's Lonely Hearts Club". Ilustrasi itu diciptakan oleh seniman kelahiran Inggris, Sir Peter Thomas Blake. Sementara itu, "London Calling", album buatan The Clash, kelompok punk-rock Inggris, berada setingkat di bawahnya.

Will Groves, redaktur MusicRadar.com, sebagaimana dinukil dari YahooNews, menjelaskan: ""The Dark Side of the Moon" jadi bukti bahwa ilustrasi yang sederhana dan kuat merupakan resep ampuh bagi sampul album, terutama ketika berhubungan dengan karya musik unggul. Gambar pada album Floyd berfungsi sebagai pengingat bahwa sampul album pada suatu masa pernah jauh lebih berarti dibandingkan dengan imaji digital jpeg ratusan piksel di iTunes."


Read more: http://www.forumkami.net/forum-musik/158948-band-floyd-terpilih-menjadi-sampul-album-paling-unggul-sepanjang-masa.html#ixzz1lJ9sntV3

0 komentar:

Posting Komentar